Tuesday, May 21, 2013

My First ‘Anesama Ningyoo’

Posted by Unknown at 5:34 PM

Udah lama saya pengen belajar bikin boneka kertas khas Jepang. Dulu waktu masih SMP, saya pernah iseng coba-coba bikin karena kebetulan tabloid langganan ibu saya memuat cara membuatnya. Sayangnya nggak berhasil. Gambar yang ditampilkan di tabloid dan cara membuatnya nggak nyambung. Ih sebel. Padahal saya udah ngerayu-rayu ibu supaya dikasih duit buat beli kertas origami, lem, benang wol, tooth picks dsb. Yang ada bahan-bahan itu justru numpuk di tempat sampah dan alhasil abis deh saya diomeli ibu. Hehehe.
            Meskipun nggak sukses di percobaan pertama, saya tetap penasaran pengen nyoba lagi. Pernah sih nemu bukunya di salah satu toko buku, tapi ya ampyun, muahal banget. Maklum impor. Udah gitu bukunya disegel plastic. Saya jadi rada males beli. Selain duit yang saya bawa pas-pasan, saya khawatir jangan-jangan entar dalemnya pake huruf kanji, katakana en hiragana gitu. Emang sih, dulu jaman kuliah pernah dapet Bahasa Jepang dua semester. Tapi setelah hampir sepuluh tahun ‘masa bodo’ sama Bahasa Jepang, kayaknya mustahil kalo saya masih inget.  Arigato en sayonara aja deh mendingan.
            Nah, kemarin tuh ceritanya saya berkunjung ke bazaar matematika murid kelas 4. Eh, ternyata salah satu dari mereka ada yang menjual pembatas buku berbentuk boneka Jepang. Lucuuu banget! Udah gitu murah, cuma dua ribu perak. Saya langsung ‘kalap’. Nggak cukup hanya beli, sekembalinya ke kantor, saya langsung browsing internet nyari info seputar teknik bikin boneka tersebut.
            Ketemu!
            Halah, kenapa nggak dari dulu-dulu ya? Saya dapet satu situs lengkap yang membahas masalah boneka Jepang. Mulai dari bahan-bahan, cara membuat, tempat membeli bahan, sampe sejarah bonekanya. Komplit. Serunya lagi, boneka ini ternyata bisa juga dibuat dari bahan bekas lho, asal kreatif.
            Bisa ditebak, sepulang kerja saya langsung sibuk membongkar tumpukan majalah lama di kamar. Setelah menemukan corak yang pas, mulai deh saya nyiapin pola boneka sesuai info yang saya dapet dari internet. Setelah pola selesai dibuat, selanjutnya mulai merakit bonekanya, mulai dari kepala, kerangka badan, kimono, obi dll. Repot juga ternyata. Hampir satu jam saya sibuk menggunting dan menempel dan … akhirnya boneka pertama saya selesai juga. Keren euy! Padahal cuma modal majalah bekas, karton sisa, lem dan gunting.
            Saya jadi ketagihan bikin lagi, lagi dan sukses menyelesaikan empat anesama ningyoo aneka warna. Dengan semangat jihad saya pamerin boneka-boneka itu pada adik cowok saya. Salah sasaran ternyata. Dimana-mana cowok mah jarang ada yang suka boneka, yang ada saya dikacangin. Cape deehhh!!
            Btw, menurut bahasa sononya, anesama ningyoo tuh artinya ‘boneka kakak perempuan’. Pada jaman feodalisme Jepang, status social terbagi atas dua golongan, yaitu kalangan atas dan kalangan bawah. Boneka ini digunakan anak gadis dari kelas social bawah untuk ‘sekedar pura-pura’ jadi masyarakat kelas atas melalui permainan. Biasanya, anesama ningyoo dibuat oleh anak perempuan tertua dalam sebuah keluarga. Rada-rada ngepas nih, saya juga anak tertua di keluarga. Ketuaan malah. Hehehe.

0 comments :

Post a Comment

 

A Piece of Heaven Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review