Tuesday, May 21, 2013

Menjemput Impian

Posted by Unknown at 5:45 PM
Banyak impian masa kecil saya yang baru sempat terwujud belakangan ini. Salah satunya adalah ikutan les piano. Sebenernya keinginan itu udah ada sejak jaman saya masih duduk di taman kanak-kanak. Lama banget kan? Saya kecil dulu cuma bisa terkagum-kagum ngeliat salah seorang temen saya memainkan Bethoveen’s Fur Elise di ruang guru.
Yah, bener-bener sekedar nonton ...
… dan berharap dalam hati suatu saat saya juga bisa memainkan komposisi indah itu. (kasian ya?)
Tapi kenyataan memang nggak selalu sejalan dengan keinginan. Kehidupan keluarga saya yang pas-pasan nggak memungkinkan saya untuk bermimpi kelewat tinggi. Alhamdulillah saya masih bisa sekolah sampe perguruan tinggi, sementara ketiga adik saya harus puas jadi lulusan SMA. Singkatnya, cita-cita untuk bisa main piano itu nggak mungkin terwujud. Saya cukup tahu diri dengan keadaan keluarga saya waktu itu. Untung aja saya termasuk tipe orang yang easy-going gitu, jadi yaaa biasa-biasa aja nanggepinnya. Just be happy to be me. Hahaha. (Thank you Allah, for making me like this!)
Ajaibnya, meskipun saya udah sebisa mungkin ngelupain, tetap aja saya nggak pernah bisa sukses seratus persen membuang keinginan itu dari pikiran saya. Mulai deh saya hobi mengoleksi kaset-kaset piano klasik. Kadang-kadang, ketika sedang dengerin kaset-kaset itu, saya berkhayal sayalah pianisnya. Huhuhu …mengharukan banget nggak sih? Hobi ini terus bertahan sampe saya kuliah. Kalo udah bener-bener nggak puas berkhayal, biasanya saya ngomong ke temen sekamar saya, “Kapan yaaaa, aku bisa main piano kayak gitu?”
Dan jawaban temen saya selalu, “Udah sono, tidur aja biar mimpi main piano.” Sadis banget ya? Sekali lagi, untunglah saya bukan tipe orang yang gampang putus asa. Mau dibilang tukang mimpi kek, apa kek, nggak masalah. Punya keinginan kan nggak dosa?
Keinginan saya mencapai puncaknya tahun 2007 lalu. Saya dapet amanah untuk mendampingi murid-murid studi banding ke Singapura. Di hari terakhir kunjungan, kita sempet mampir ke Indonesian Embassy. Nah, disitulah saya ngeliat grand piano dari deket untuk pertama kalinya. Dengan tidak-tahu-malunya, saya langsung menyibak kain beludru merah penutupnya trus duduk di depan tuts-tutsnya. Kalo diinget-inget, kelakuan saya itu pasti aneh banget. Lalu, masih dengan tampang cuek, saya mulai menekan tuts piano itu satu-satu (ternyata tutsnya lumayan berat!).
I felt so hilarious!
Pak Hasan yang kebetulan ngeliat langsung ngeluarin digicam-nya. Mungkin beliau kasian liat kelakuan saya yang ajaib itu.
“Ayo bu, saya foto,” katanya.
Akhirnya foto jepretan Pak Hasan itu jadi satu-satunya foto saya di depan grand piano. Sekembalinya ke tanah air, tekad saya udah bener-bener mantap. Saya harus les piano! Sekarang atau tidak sama sekali. Dan … tanpa mikir macem-macem saya kuras tabungan saya buat beli keyboard. Saya lantas giat nyari info seputar tempat les piano. Dan subhanallah, ternyata tempatnya nggak jauh dari rumah saya. Guru pianonya tetangga se-RT. Jadi agak nyesel nggak dari dulu-dulu saya tau. Maklum, saya sempet lama ninggalin Balikpapan selama kuliah.
Allah emang bener-bener sayang sama saya. Meskipun udah berlalu puluhan tahun sejak kali pertama saya denger Fur Elise, Allah masih memberi saya kesempatan untuk mewujudkan cita-cita terpendam itu. Sekarang cita-cita itu bukan lagi impian. I did it!
Kini, setiap kali saya memainkan Fur Elise itu, yang terbayang di kepala saya adalah cengiran lebar temen sekamar saya dulu, “Udah sono tidur, biar mimpi main piano.”
But I know I am not dreaming now!

(I’d like to thank Pak Iin - my piano teacher - the one who patiently introduced me to those rudiments of music, thanks for helping me to reach my dreams. May Allah bless you always).

Note: tulisan ini meraih Juara Favorit Lomba Menulis Tentang Impian yang digelar oleh Diva Press tiga tahun lalu.

0 comments :

Post a Comment

 

A Piece of Heaven Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review