Sunday, May 4, 2014

Mahavihara Buddhamanggala: Bangkok of Balikpapan

Posted by Unknown at 7:40 AM

Ternyata gak perlu jauh-jauh terbang ke Thailand buat sekedar menyaksikan kemegahan pagoda khas umat Buddha. Saat libur Hari Buruh Internasional kemarin, saya diajak rombongan Sahabat Perpustakaan Balikpapan ikutan trip sehari.

Tujuan intinya adalah ke Kawasan Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) yang berlokasi di Km. 23. Ternyata, pas perjalanan pulang, mendadak kami pada penasaran dengan bangunan mirip menara keemasan yang menyembul di antara bukit dan pepohonan. Akhirnya setelah tanya sana-sini n browsing dadakan di mobil, jadi tahu deh. Bangunan itu bernama Mahavihara Buddhamanggala. Yup, tempat ibadah umat Buddha alias wihara.

Namun fakta yang menarik dari yang dibaca teman saya saat browsing, Mahavihara Buddhamanggala merupakan candi modern terbesar di Indonesia saat ini. Tempat ibadah ini juga terbuka untuk umum untuk tujuan wisata. Maka rombongan pun sepakat pengen mampir sebelum pulang.

Sempet gak yakin juga kalo tempat ibadah ini terbuka untuk umum, jadi sebelum masuk ke kawasan candi, kami laporan dulu ke pihak sekuriti. Setelah mengisi semacam buku tamu, kami langsung dipersilakan masuk ke kawasan candi. Syaratnya cuma dua: gak boleh berisik n gak boleh berpose menirukan posisi arca Buddha yang terdapat di kawasan candi.

Memasuki kawasan candi, kami disambut dengan kolam air mancur yang bagian dasarnya menyerupai kelopak teratai, mirip kayak yang terdapat di dasar stupa Candi Borobudur. Di seberangnya, terbentang undak-undakan lebar yang membawa kami ke pagoda emas yang tinggi menjulang. Di depan pagoda tetsebut berdiri arca Sidharta Gautama yang mengangkat sebelah lengan.

Gak cuma pagoda, kami juga sempat menyaksikan arca The Sleeping Buddha berukuran raksasa yang dipajang di salah satu ruangan. Arca ini mirip dengan foto yang dijepret teman saya saat dia liburan di Thailand. Nah, buat yang belum berkesempatan mengunjungi Thailand, Mahavihara Buddhamanggala ini bisa dimasukkan ke daftar wisata kalian. Aura Thailand-nya kerasa banget.

Sayangnya, karena cuaca Balikpapan hari itu sedang panas-panasnya, kami gak kuat berlama-lama di kawasan candi. Sebaiknya sedia payung, topi n sunblock kalo mau berkunjung di siang bolong seperti yang kami lakukan. Disarankan banget datengnya sore menjelang sunset, pemandangannya bisa dramatis gitu, terutama buat yang hobi fotografi.

Oh ya, di pos sekuriti juga tersedia buku panduan tentang candi ini, tapi jumlahnya terbatas. Satu rombongan hanya mendapat satu buku panduan.

0 comments :

Post a Comment

 

A Piece of Heaven Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review