Saturday, May 10, 2014

Doodle My Way :-)

Posted by Unknown at 5:49 AM
Sejak umur 4 tahun saya udah suka banget doodle alias corat-coret. Mulai dari coretan di kertas, papan tulis, dinding sampe muka orang yang lagi tidur pernah saya jadikan media menuangkan ide. Ketika saya mulai lancar membaca n menulis, kebiasaan doodle ini jadi berkembang jadi menyerupai komik. Saya menciptakan karakter-karakter dan melengkapinya dengan balon kata-kata. Rasanya menyenangkan bisa memvisualisasikan isi pikiran walaupun coretan gambar saya sangat sederhana, kalah jauh dengan buatan adik cowok saya. Dialah satu-satunya orang di keluarga kami yang terlahir dengan bakat seni lukis luar biasa. Saya bisa dibilang cuma memiliki 38% bakatnya.

Toh, meskipun demikian, saya gak berkecil hati. Saya terus melakukan kebiasaan coret-coret ini hingga sekarang. Dan saya bisa melakukannya dimana saja dan dengan media apa saja. Yang paling sering saya doodle di buku agenda saya. Walhasil agenda itu jadi penuh coretan-coretan 'aneh' saya. Hahaha.

Gara-gara kebiasaan coret-coret di sembarang tempat, beberapa teman mulai maksa saya ikutan lomba komik n manga. Tapi saya gak nanggepin serius. Wong bakat cuma ala kadarnya kok nekat mau lomba? Hah, gila kali ye?

Nah, puncaknya minggu lalu. Saya ditawarin ikutan Workshop Kompetisi Komik Indonesia 2014. Kali ini saya mau ikutan karena ada beberapa teman saya yang notabene gak jago-jago gambar juga ikutan. "Ambil ilmunya aja. Kan gak papa ngerti teori doang." Gitu alasan mereka.

Begitulah. Hari ini seharian saya ikutan kumpul di Lt. 4 Perpustakaan Balikpapan bersama sejembreng pelajar SMP, SMA n mahasiswa mengikuti workshop tentang tata cara dan proses pembuatan komik. Tapi yang paling penting, banyak dari peserta workshop yang kemampuannya gak jauh beda dari saya. Hihihi, jadi semangat nih.

Seru juga ternyata. Saya jadi dapet ilmu tentang komik, mulai dari mencari ide, membuat premis cerita, bikin sinopsis, script, storyboard sampe narrative tools. Pokoknya nambah wawasan deh. Satu hal yang bikin makin semangat adalah pesan sang instruktur: 'Siapa saja bisa membuat komik tentang apa saja. Gak harus nunggu jago menggambar dulu baru bisa bikin komik. Tetapi proses belajar mutlak diperlukan untuk bisa menghasilkan komik yang baik'.

Supaya saya gak capek ngetik malem-malem gini (hahaha), nih saya kasih link berisi informasi seputar Kompetisi Komik Indonesia 2014 buat kalian yang penasaran sama kegiatan workshop ini. Semoga bermanfaat :-) 

Please click this link to find further detail: 

http://news.indonesiakreatif.net/kki-2014/

0 comments :

Post a Comment

 

A Piece of Heaven Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review