Friday, July 11, 2014

Teluk Waru: A Long Way to School

Posted by Unknown at 4:33 PM

Pelajar SMP ini tertidur di geladak perahu motor saat perjalanan pulang dari sekolah. Perahu ini juga yang membawa remaja ini menuju ke sekolah setiap pagi, meski dalam kondisi hujan dan ombak tinggi. 

Hari itu (20/6) saya berkesempatan mengunjungi sebuah sekolah di kawasan Teluk Waru, Kariangau. Saat itulah saya ikut merasakan sebuah perjuangan demi menuntut ilmu; terguncang-guncang ombak yang nyaris bikin saya mabok dalam kondisi gerimis lebat selama hampir satu jam.

It's the longest way to school I've ever experienced. 

Gak cukup cuma diguncang-guncang ombak, setelah perahu merapat di dermaga, saya beserta serombongan pelajar SMP dan guru-guru mereka harus melintasi jembatan ulin panjang di atas laut dan melewati perbukitan semak belukar. Kalo dihitung-hitung jarak tempuhnya sekitar 2 km. Saya sampe di sekolah dengan nafas ngos-ngosan. Gak kebayang kalo harus menempuh perjalanan 'bolang' gini tiap hari. 

Rasa lelah itu terbayar saat saya masuk kelas. Sambutan hangat murid-murid dan guru-guru menjadikan perjalanan panjang yang saya tempuh cuma sekedar angka dan satuan panjang. 

Sungguh, malu rasanya diri ini yang seringkali menjadikan jarak tempuh, cuaca dan sarana sebagai alasan untuk tidak serius menuntut ilmu. 

Hari itu saya belajar banyak.
Dari murid-murid yang tanpa mengeluh menyeberangi teluk berombak untuk menuntut ilmu.

Dari guru-guru yang rela bersandal jepit memintas jalan setapak panjang berlumpur untuk mencerdaskan anak bangsa.

Dari para orang tua murid yang ikhlas melepaskan buah hatinya menempuh perjalanan yang bisa jadi penuh resiko ini setiap hari. Mereka pasti telah menyimpan dalam-dalam rasa cemas agar tak terlihat oleh putra/putri mereka.

Juga dari pengemudi perahu yang setia menjemput dan mengantar para pencari ilmu meski tanpa jadwal pulang sekolah yang baku. Yang dia tahu, pada saat air laut pasang, dia harus siap di dermaga dan memastikan pelajar-pelajar itu tiba di tujuan dengan selamat.

Benar-benar pelajaran berharga buat saya ...

0 comments :

Post a Comment

 

A Piece of Heaven Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review